Trik Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dapur

Trik Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dapur

Rumahku adalah surgaku. Begitulah ungkapan yang sering terdengar. Rumah bersih dan menyegarkan memang begitu nyaman dihuni, hingga seakan berada di surga pribadi. Terlebih bila aromanya begitu harum, seharian di rumah pun tampak begitu nyaman ditinggali, tak terkecuali area dapur. Karena sering dijadikan arena memasak, dapur berpotensi menyebabkan beragam bau tak sedap di seantero rumah.

Oleh sebab itu, menjaga kebersihan dapur adalah prioritas penting setelah digunakan untuk memasak. Salah satunya dengan menghilangkan bau tak sedap di dapur. Berikut tips lengkapnya!

Optimalkan Sirkulasi Udara

Dapur yang memiliki sirkulasi udara cukup baik, akan jarang menimbulkan bau tak sedap. Hal ini karena asap masakan bisa bebas keluar dan berganti dengan udara segar melalui jendela. Sementara dapur yang tidak memiliki jendela biasanya sudah dilengkapi dengan filter udara. Namun, penyaring udara ini juga perlu dibersihkan secara berkala, minimal dua bulan sekali agar dapat berfungsi optimal.

Mengurangi Bahan Kain

Untuk alasan estetetika agar bisa lebih menarik saat dilihat, beberapa orang menghias furnitur dapur dengan bahan kain. Sebut saja tirai jendela maupun pintu dan juga karpet. Bahan kain rentan terkena partikulat, debu dan residu dari asap masakan. Akibatnya, bisa menimbulkan bau tak sedap jika jarang dibersihkan.

Merebus Lemon

Usai menggoreng, merebus dan mengolah beragam makanan, bau dapur tentu tidak keruan. Selain dengan memaksimalkan sirkulasi udara, potong sebuah lemon dan rebus dalam panci dengan sedikit air selama beberapa menit. Uap lemon yang bertebaran dapat membantu menetralkan bau tak sedap di dapur.

Bersihkan Alat Dapur Usai Memasak

Sebagian orang akan langsung mencuci semua peralatan dapur usai digunakan untuk memasak, sedangkan sebagian lagi membiarkannya. Alat-alat dapur yang kotor ini tidak saja meninggalkan tumpukan cucian, tapi juga membuat bau tak sedap di dapur lebih lama hilangnya. Langkah terbaiknya adalah segera membersihkan peralatan dapur bila selesai digunakan. Lagipula suasana makan juga akan menjadi lebih hikmat jika kondisi dapur terlihat bersih dan segar.

Maka dari itu, agar kenyamanan rumah senantiasa terjaga bak tinggal di dalam surga, maka peliharalah kebersihannya. Termasuk dengan menjaga dapur tetap segar dan bebas bau-bauan tak sedap melalui beberapa trik tersebut. Semoga berhasil, ya. (kln/it)

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.