Trik Menyimpan Daging Kambing Lebih Tahan Lama

Trik Menyimpan Daging Kambing Lebih Tahan Lama

Menjelang hari Raya Kurban, seringkali kita mengalami kerepotan dalam menyimpan kelebihan daging kambing yang tak habis diolah. Berikut tips menyimpan daging kambing agar terhindar dari  kerusakan dan kehilangan kandungan nutrisinya.

Gunakan Kantung Plastik Sekali Pakai

Daging kambing yang segar ditandai dengan warna daging yang cenderung kemerahan. Masukkan daging kambing ke dalam kantung plastik sekali pakai. Cara ini berfungsi untuk mencegah kontaminasi terhadap bahan makanan lain, seperti buah dan sayur. Selain itu penggunaan kantung plastik sekali pakai juga mencegah daging cepat rusak, akibat terkena kotoran atau bakteri dari pemakaian sebelumnya.

Apabila Segera Diolah

Jika berniat segera memasak daging kambing, cukup simpan di dalam rak bawah lemari pendingin. Karena baunya yang khas, daging kambing sebaiknya disimpan tertutup, misalnya dalam kantung plastik atau wadah kedap udara, agar tidak mengontaminasi makanan lain atau bahan mentah yang ada di dalam kulkas.

Dibekukan

Pembekuan merupakan cara terbaik untuk memperpanjang masa simpan daging. Suhu terbaik untuk membekukan daging kambing adalah sekitar -10 °Celcius hingga -17 °Celcius. Jangan lupa, bungkus daging dengan plastic wrap dan masukkan ke dalam kantung plastik atau wadah kedap udara, untuk mencegah bau khasnya mencemari bahan makanan beku lainnya.

Sebisa mungkin keluarkan udara dari dalam kantung untuk menghindari terjadinya freezer burn. Kondisi ini muncul sebagai bintik-bintik kasar berwarna coklat keabu-abuan dan disebabkan oleh udara yang mengenai permukaan makanan. Walau tidak mempengaruhi gizi makanan, tapi dapat mengurangi tekstur makanan karena terasa lebih alot. Untuk menghilangkannya, potong bagian yang terkena freezer burn baik sebelum maupun sesudah proses pemasakan.

Cara Aman Mencairkan Daging Kambing

Sebelum memasak, daging kambing beku perlu dicairkan terlebih dahulu (thawing) agar menghemat waktu pengolahan, mencegah kerusakan gizi, serta menghindari kontaminasi bakteri karena risiko daging yang tidak matang secara merata. Sebab, butuh waktu satu hingga  dua hari untuk mencairkan seluruh butiran es beku dalam daging, tergantung pada ukuran dan ketebalan daging kambing.

Ada tiga cara aman yang bisa dipilih, yaitu menurunkan daging kambing beku ke rak bawah lemari pendingin (chiller), merendamnya dalam air dingin, atau dicairkan menggunakan microwave.

Kini, kita lebih tahu bagaimana trik menyimpan daging kambing dengan tepat, daging pun siap dapat diolah menjadi menu masakan yang nikmat bagi seluruh keluarga. Selamat mencoba!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.