Trik Menyimpan Pasta Agar Tidak Mudah Rusak

Trik Menyimpan Pasta Agar Tidak Mudah Rusak

Selain cocok sebagai pengganti nasi, pasta yang banyak disukai orang memiliki aneka bentuk dan dapat diolah dengan berbagai cara. Mulai dari disajikan dengan aneka saus, ditumis, hingga dipanggang. Nah supaya tidak mudah rusak, ketahui beberapa trik menyimpan pasta berikut ini.

Pasta Kering

Saking mudahnya mengolah pasta, bahan makanan ini wajib ada di dalam lemari dapur. Mulai dari pelengkap sup, salad, disajikan dengan bermacam saus (bolognaise, carbonara) atau dipanggang dengan taburan keju mozzarella. Agar tetap awet dan dapat dimanfaatkan setiap saat, simpan pasta yang kemasannya sudah dibuka ke dalam wadah kedap udara. Bisa juga dengan cara memasukkan kemasan pasta beserta isinya ke dalam kantung plastik yang dapat dibuka-tutup.

Setelah itu simpan di dalam lemari yang kering (tidak lembap) dan tidak terkena sinar matahari langsung, agar pasta tidak mengalami perubahan warna, aroma, maupun penampakan. Melalui cara penyimpanan yang tepat, pasta dapat bertahan hingga tiga tahun lamanya. Tapi untuk amannya, jangan lupa untuk menyertakan tanggal kadaluarsa sebagai pengingat.

Menyimpan Sisa Pasta

Untuk menghemat waktu memasak, kebanyakan orang merebus pasta dalam jumlah besar dan menyimpannya. Tapi, jika cara penyimpanannya kurang tepat, justru membuat pasta matang ini mudah basi atau tidak sedap lagi untuk dikonsumsi.

Sebisa mungkin simpan pasta terpisah dari sausnya, karena pasta akan terus menyerap rasa dan minyaknya, serta teksturnya makin lembek. Sebaiknya masukkan sisa pasta ke wadah kedap udara, lalu tambahkan 1-2 sendok teh minyak untuk mencegahnya menempel satu sama lain. Simpan dalam lemari es selama 3-5 hari. Untuk memanfaatkannya kembali, rendam dalam air mendidih selama beberapa detik, lalu tiriskan.

Membekukan Pasta

Jenis pasta terbaik yang bisa dibekukan adalah yang biasa digunakan dalam resep pasta panggang. Mulai dari lasagna, makaroni, ziti, dan manicotti. Caranya cukup sederhana, awali dengan membiarkan pasta yang sudah direbus hingga dingin, lalu beri sedikit minyak zaitun agar tidak melekat satu sama lain. Sendokkan ke dalam wadah kedap udara atau kantung ziplock, dan simpan hingga dua minggu lamanya.

Terlanjur mencampur pasta dengan sausnya? Bekukan saja ke dalam wadah-wadah kecil atau mangkuk aluminium, dan bungkus dengan plastic wrap. Masukkan ke dalam kantung plastik yang bisa dibuka-tutup atau wadah kedap udara. Untuk menikmatinya kembali, keluarkan pasta beku dari freezer, lalu pindahkan ke lemari pendingin (chiller) sehari sebelumnya. Taburi keju parut dan panggang. Easy and yummy!

Ingat trik menyimpan pasta ini agar tetap awet dan tidak merusak nilai nutrisinya. Yuk, lakukan mulai dari sekarang!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.