Trik Mudah Mengempukkan Daging dengan Soda Kue

Trik Mudah Mengempukkan Daging dengan Soda Kue

Daging sapi yang empuk dapat memaksimalkan bumbu masakan meresap ke dalamnya. Bahkan, makanan tersebut akan lebih mudah dipotong dan disantap karena teksturnya yang lembut. Ternyata, kini ada trik praktis untuk mengempukkan daging. Salah satunya menggunakan soda kue atau baking soda. Untuk mengempukkan 1 kg daging sapi dibutuhkan 1 sdt soda kue. Berikut langkah-langkah mudahnya.

Pilih Daging Berkualitas

Daging sapi berkualitas dapat dilihat dari warnanya yang masih merah segar. Selain itu, aromanya juga tidak berbau busuk. Guna menghindari serabut otot yang terlalu banyak, pilihlah bagian rusuk, seperti iga dan dada. Selain lebih sedikit serabut ototnya, kandungan lemaknya juga lebih sedikit dibandingkan daging bagian lainnya.

Lumuri Soda Kue

Jika daging tidak segera dimasak, sebaiknya setelah dicuci bersih dan ditiriskan, daging langsung dilumuri dengan soda kue. Kemudian, simpan dalam lemari es. Soda kue di sini berfungsi mempertahankan kandungan protein dalam daging.

Jika daging langsung dimasak, lumuri dulu dengan soda kue. Diamkan selama satu jam. Fungsinya adalah memecah kolagen, sehingga tekstur daging menjadi lebih lunak. Lanjutkan dengan merendam daging dalam air dingin selama 15 menit. Hal ini juga berlaku untuk daging yang sudah dilumuri soda kue dan disimpan dalam lemari es.

Bumbui Sesuai Selera

Akan lebih baik bila daging diiris dan dibumbui dengan beragam rempah. Sebab, tekstur daging yang lembut akan lebih mudah menyerap bumbu yang dicampurkan. Dengan begitu, tak hanya tekstur daging yang lembut saja yang bisa didapatkan, namun citarasa yang menggoda juga bakal dinikmati dalam hidangan.

Cukup mudah bukan? Langsung diaplikasikan di rumah, yuk.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.