Trik Pintar Memasak di Dapur Minimalis

Trik Pintar Memasak di Dapur Minimalis

Mulai terganggu dengan dapur yang penuh dengan peralatan? Mungkin ini waktu yang tepat untuk beralih ke dapur minimalis. Tanpa terlalu banyak barang, menu makanan yang sehat dan nikmat masih bisa tersaji di meja makan. Untuk membiasakan diri memasak di dapur minimalis, lakukan beberapa tips berikut ini.

Miliki Peralatan Dasar Memasak

Kompor dan kulkas merupakan peralatan dasar yang wajib dimiliki di rumah. Pertimbangkan untuk membeli produk yang berkualitas, walau seringkali dibanderol dengan harga tinggi. Selain tahan lama, biasanya juga lebih efisien energi, sehingga lebih hemat biaya. Hindari membeli barang-barang yang jarang digunakan dan menyedot energi cukup besar, seperti microwave.

Peralatan Multiguna

Begitu banyak barang-barang di dapur yang hanya memiliki satu kegunaan, sehingga malah menghabiskan tempat dan membuang uang secara percuma. Daripada membeli pengiris keju, gunakan saja pisau atau manfaatkan multi-slicer yang dapat memarut, memotong, hingga mencincang dengan satu alat.

Berpikir Kreatif

Tidak sedikit orang yang tergoda membeli barang-barang kecil, yang dipasarkan dengan tujuan memudahkan pekerjaan di dapur. Tapi, kegunaannya masih dapat digantikan dengan alat lain dengan mudah. Seperti palu khusus untuk mengempukkan daging, jika tidak sering memakainya, ganti saja dengan menggunakan palu biasa yang dibungkus dengan plastik.

Hanya Butuh Sedikit Peralatan

Sebuah panci besar, panci kecil, dan wajan adalah peralatan utama yang dibutuhkan untuk memasak di dapur. Panci besar atau stock pot dapat digunakan untuk memasak hidangan berkuah dan merebus pasta, panci kecil untuk memasak saus dan merebus sayuran, sedangkan wajan dapat digunakan untuk menumis hingga memanggang.

Tinggalkan wajan berlapis teflon dengan alasan berhemat, karena akan dibuang dengan segera setelah beberapa tahun pemakaian, karena lapisan permukaannya mulai mengelupas. Pilih wajan berbahan baja atau hard-anodized alumunium yang tahan lama dan menghemat waktu memasak.

Bahan-bahan Masakan

Berbagai resep masakan memang menggiurkan untuk dicoba. Tapi membeli aneka bumbu yang terkadang hanya digunakan sekali dua kali, hanya menghabiskan banyak ruang dan juga uang belanja. Investasikan uang untuk membeli minyak zaitun dan rak bumbu lengkap. Selain harganya cukup terjangkau, juga dapat digunakan dalam hampir semua resep yang dibuat.

Memiliki dapur minimalis jangan dijadikan alasan untuk berhenti mencoba berbagai resep masakan. Manfaatkan ruang dan peralatan yang ada secara kreatif untuk menyajikan aneka makanan lezat dan sehat.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.