Tips Mengolah Seafood

Tips Mengolah Seafood

Kebanyakan orang sering bermasalah saat mengolah seafood sehingga malas memasaknya di rumah. Ikan yang hancur saat digoreng atau dipanggang, bumbu yang kurang meresap, cumi yang alot setelah dimasak dan lain-lain. Jangan langsung berhenti  menyajikan hidangan berbahan seafood untuk keluarga karena kandungan gizinya sangat baik bagi tubuh. Simak tips berikut agar Anda sukses menyajikan hidangan berbahan seafood yang menggiurkan.

  • Jangan terlalu cepat membalik badan ikan saat sedang digoreng atau dipanggang. Tunggu hingga satu sisinya benar-benar matang, baru dibalik. Saat sudah matang, kulit dan daging ikan menjadi lebih padat dan kering sehingga tidak mudah hancur saat dibalik.
  • Jika ingin menggoreng garing ikan berukuran kecil, seperti ikan selar, ikan mas atau mujair, gunakan api kecil saat memasak. Memang membutuhkan waktu yang lebih lama, tetapi hasilnya pasti memuaskan.
  • Pastikan bakaran ikan sudah benar-benar panas saat Anda akan meletakkan ikan yang hendak dibakar agar kulit ikan tidak menempel dan sobek.
  • Saat akan digoreng atau dipanggang, kerat-kerat badan ikan yang berukuran besar sebelum dibumbui agar bumbu dapat meresap sempurna.
  • Potongan daging cumi tak hanya bentuk cincin. Potong daging cumi, kerat menyilang  tidak putus permukaan dalamnya, dan saat dimasak bentuknya akan menggulung dan motif silang akan membuat tampilannya lebih cantik.
  • Cumi dan udang tidak membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Jika terlalu lama, daging cumi justru akan menjadi alot/liat dan daging udang akan kehilangan juiceness-nya sehingga menjadi padat dan keras. Masukkan cumi atau udang di akhir proses memasak agar tidak terlalu lama dimasak.
  • Jika Anda ingin membuat olahan udang yang membutuhkan tampilan udang yang warnanya lebih merah, pilih udang segar yang kulitnya berwarna lebih hitam. Saat dimasak, dagingnya akan menjadi lebih merah.
  • Udang yang berukuran agak besar dapat diolah menjadi beberapa macam bentuk, misalnya dibelah punggung (saat matang udang akan melingkar), ditusuk memanjang (saat matang udang akan tetap lurus memanjang), atau dikupas namun disisakan ekor. Variasi bentuk ini membuat tampilan sajian lebih beragam.
Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.