Tips Menjaga Kualitas Nutrisi Makanan

Tips Menjaga Kualitas Nutrisi Makanan

Memilih makanan bernutrisi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, cara persiapan, penyimpanan, maupun pengolahan yang kurang tepat dapat merusak kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Sebelum melangkah terlalu jauh, perhatikan tipsberikut ini sebelum mengolah bahan-bahan makanan.

Membersihkan Sayuran dan Buah-buahan

Cara penanganan awal yang tepat dapat menjaga kualitas nutrisi, serta rasa pada sayuran dan buah-buahan. Untuk menghilangkan kotoran dan sisa pestisida, cuci semua buah-buahan dan sayuran segar dengan air dingin mengalir. Pastikan untuk membersihkan bahan makanan berkulit tebal, seperti melon dan labu, dengan sikat lembut dan cuci dengan air yang mengalir. Situs eatright.org juga menyarankan untuk tidak merendam buah dan sayur dalam air terlalu lama, karena ada vitamin B dan C yang mudah larut dalam air.

Persiapan Sayur dan Buah-buahan

Sebagian besar vitamin dan mineral ditemukan dalam daun terluar, kulit, dan lapisan bawah kulit. Oleh karena itu, agar terhindar dari kehilangan nutrisi penting, cuci sayur dan buah hingga benar-benar bersih dan kupas sesedikit mungkin kulitnya, misalnya apel, pir, wortel, dan kentang.

Selain itu, potong sayuran yang akan dimasak dalam ukuran yang lebih besar. Menurut situs eatright.org, dengan permukaan yang lebih sedikit terkena proses pemasakan, maka kadar vitamin dan mineral dapat terjaga.

Hindari Kontaminasi Silang

Tidak hanya menjaga kadar nutrisi makanan, memerhatikan cara penanganan bahan makanan dengan lebih teliti juga mencegah kontaminasi bakteri, penyebab gangguan saluran pencernaan. Pisahkan talenan yang digunakan untuk memotong sayuran dan buah-buahan, dari daging mentah, unggas, atau seafood. Masak dengan segera atau simpan dalam lemari pendingin jika tidak segera diolah.

Proses Memasak yang Tepat

Selain proses penanganan awal, pengolahan makanan yang kurang tepat juga dapat merusak nutrisi dalam makanan. Merebus dan menggoreng merupakan beberapa proses memasak yang dapat mengurangi kandungan gizi makanan, misalnya kentang akan kehilangan banyak vitamin B dan C saat direbus dalam air mendidih.

Ubah cara memasak dengan menggunakan teknik lain untuk menjaga kualitas nutrisi makanan. Situs betterhealth.vic.gov.au menyarankan agar menggunakan metode seperti memanggang, mengukus, atau memakan sayur dan buah dalam keadaan segar, sehingga nutrisinya tidak hilang.

Agar tidak salah dalam mengolah bahan makanan, gunakan beberapa tips ini untuk menjaga kadar nutrisi dalam makanan.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.