5 Cara Sehat Memasak Sayuran

5 Cara Sehat Memasak Sayuran

Selain daging merah, tubuh juga membutuhkan serat sayuran. Mengonsumsinya secara mentah, terkadang membutuhkan penanganan lebih sulit untuk menghilangkan pestisida yang menempel. Sehingga, banyak yang memilih menikmatinya dengan cara dimasak saja. Namun, bagaimana cara terbaik memasak sayuran tanpa merusak kandungan nutrisinya? Berikut 5 cara yang bisa Anda ikuti.

Memanggang
Memanggang sayuran memiliki kelebihan yang sangat menguntungkan. Cara ini bisa mempertahankan tekstur, warna dan rasa sayuran, tanpa harus merusak gizinya. Potong sayuran dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan panggang dengan jarak yang cukup, sayuran pun akan matang dengan sempurna. Pastikan suhu oven yang digunakan pun tidak lebih dari 200°C.

Mengukus
Mengukus adalah salah satu cara memasak yang dapat meningkatkan nilai gizi yang dikandung makanan. Jangan mengukus dalam jumlah banyak sekaligus, supaya Anda dapat memasaknya dengan cepat dan sayuran matang hingga ke dalam. Pastikan sayuran masuk dalam kukusan ketika air sudah benar-benar mendidih. Waktu mengukus setiap makanan pun berbeda. Contohnya, mengukus wortel cukup 5 menit, sedangkan asparagus membutuhkan waktu 10 menit.

Stir-fry
Metode menumis ini menjadi pilihan masakan di Asia sejak lama. Caranya dengan menggunakan penggorengan besar yang melengkung (wajan/wok) dan api yang besar, masakan terus diaduk, supaya matang merata, warnanya bagus dan renyah. Tambahkan 1 sdm kaldu untuk menggantikan minyak goreng, atau gunakan minyak canola, zaitun, atau wijen yang lebih sehat.

Saute
Sedikit mirip dengan stir-fry, karena metodenya sama menumisnya. Bedanya, teknik saute menggunakan wajan datar, sehingga panas yang diperoleh sayuran merata tanpa harus mengaduknya secara terus menerus.

Membakar
Siapa sangka ternyata barbeque sangat baik untuk mengolah sayuran. Sama seperti memanggang yang dapat mengunci rasa dan menimbulkan karamelisasi pada permukaan sayuran, membakar juga memberikan rasa manis yang renyah.

Nah, sudah tahu kan cara memasak sayuran yang baik dan tanpa resiko kehilangan vitaminnya. Utamakan selalu kesehatan keluarga Anda setiap kali mengolah makanan. Yuk, mulai hidup sehat!

 

Sumber:

http://www.ninosalvaggio.com/index.php?option=com_content&view=article&id=242:roastingvegetables&catid=72:featured-articles&Itemid=90

http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=whfkitqa&dbid=53

http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=whfkitqa&dbid=35

http://www.webmd.com/diet/healthy-kitchen-11/best-cook-vegetables?page=1

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.