5 Cara Seru dan Sehat Menikmati Chia Seed

5 Cara Seru dan Sehat Menikmati Chia Seed

Chia seed atau biji chia cukup terkenal di kalangan pegiat hidup sehat. Biji ini akrab disebut sebagai superfood. Makanan ini ditengarai mengandung Omega-3, kalsium,  dan magnesium. Chia seed juga tingi serat. Itulah alasan banyak orang sering memasukkannya dalam menu diet sehat.

Banyak orang mulai penasaran dan ingin mencobanya.  Namun, ada pula yang masih bingung bagaimana cara menikmati chia seed yang tepat dan nikmat. Simak cara seru menikmati biji chia berikut ini.

Campur dalam Puding

Selain kaya serat, puding termasuk makanan yang gampang dicampur dengan beragam tambahan, tidak terkecuali chia seed. Biar lebih nikmat, rendam chia seed dalam air atau susu semalaman. Tambahkan sirup mapel atau madu. Simpan dalam kulkas, nikmati sebagai sarapan atau camilan sehat di waktu senggang.

Campuran Adonan Muffin

Suka membuat muffin, pancake atau wafel? Chia seed bisa dimanfaatkan di dalamnya. Campurkan ke dalam adonan yang sedang dibuat. Tenang, chia seed tak akan mengubah rasa. Hanya akan membuat muffin lebih bertekstur, tetapi dengan rasa yang semakin lezat, dan tentunya lebih sehat.

Taburan Lezat

Sajikan sarapan sehat berupa yogurt atau oatmeal dengan menambahkan chia seed sebagai taburannya. Selain kaya serat, satu sendok makan chia seed mengandung 3 gram protein dan 60 kalori saja. Chia seed akan membentuk cairan serupa agar-agar bila lama didiamkan. Jika kurang suka dengan tekstur tersebut, langsung makan usai ditaburkan ke dalam makanan.

Pelengkap Jus Buah

Selain puding, jus buah ataupun smoothies dapat menjadi alternatif untuk menikmati chia seed yang seru dan nikmat. Meski begitu tidak semua jus terasa nikmat. Jus buah yang terasa pas dan mantap dicampuri dengan chia seed adalah jus jeruk, lemon atau stroberi. Teksturnya yang unik juga akan memberi sensasi unik saat menenggak jus buah dengan pelengkap chia seed.

Overnight Oats

Overnight oats mengacu pada makanan yang disiapkan malam hari untuk dijadikan makan pagi. Umumnya merupakan campuran dari oat, buah dan susu yang disajikan dalam gelas. Supaya lebih nikmat dan sehat, tambahkan chia seed di dalamnya.

Bukan hanya seru, kelima cara memanfaatkan chia seed tersebut juga bakal turut menunjang gaya hidup sehat. Selamat mencoba!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.