5 Khasiat Tomat yang Baik untuk Si Kecil

5 Khasiat Tomat yang Baik untuk Si Kecil

Buah berwarna merah ini memang sangat segar saat dinikmati. Bahkan, kandungan beragam nutrisi di dalamnya dapat membantu menjaga kebugaran tubuh si kecil. Tidak heran jika banyak yang menyisipkan tomat dalam setiap menu santap. Di dalam Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, Debjit Bhowmik, menjelaskan hasil penelitiannya tentang manfaat tomat bagi tubuh si kecil. Simak, yuk!

Sumber Vitamin A

Proses tumbuh kembang si kecil yang terus berlangsung tentu membutuhkan banyak asupan. Salah satunya adalah vitamin yang penting dibutuhkan oleh tubuh. Tomat mengandung vitamin A yang cukup melimpah. Vitamin A dalam tomat terusun oleh alpha-carotene dan beta carotene yang berperan aktif untuk menjaga kesehatan mata.

Kaya Antioksidan

Salah satu bahan yang terkandung pada tomat adalah likopen. Zat antioksidan tersebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh, terutama pada si kecil agar tidak mudah sakit. Likopen juga memiliki peran yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Memperkuat Tulang

Hal yang menarik dari nutrisi yang terkandung di dalam buah tomat adalah hadirnya kalsium dan vitamin K yang terkandung di dalamnya. Kedua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tulang agar tetap sehat dan kuat. Bagi si kecil yang sedang mengalami proses tumbuh kembang, pemberian tomat ini sangat penting dalam menu hariannya. Tujuannya, agar kalsium dan vitamin K yang ada di dalamnya dapat membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang si buah hati.

Mempertahankan Sistem Imun

Semangatnya si kecil saat menjalani segala aktivitas, tentu ditopang dengan perlindungan yang baik. Bukan sebatas perlindungan dari luar dengan mengawasi atau mengenakannya pakaian yang tepat, melainkan juga perlindungan dari dalam berupa asupan yang bergizi. Selain kaya nutrisi, tomat rupanya mengandung sejenis senyawa fitokimia yang bermanfaat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh si kecil.

Melihat kandungan nutrisi tomat yang begitu lengkap serta manfaatnya yang begitu melimpah untuk si kecil, maka tak perlu lagi ada alasan kan untuk tidak menyajikan buah berair ini kepada si kecil? (kln/kki/it)

Sources:

http://www.parentinghealthybabies.com/health-benefits-of-tomato-for-babies/

http://www.phytojournal.com/vol1Issue1/Issue_may_2012/3.pdf

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.