5 Pilihan Jajan Enak dan Menyehatkan

5 Pilihan Jajan Enak dan Menyehatkan

Melihat aneka jajanan pinggir jalan yang berjajar, siapa yang tidak tergoda? Apalagi jika tercium aromanya yang harum dan menggugah selera. Kelihatan enak sih, tapi bagaimana dengan kandungan nutrisi dan gizi bagi kesehatan? Nah, cari tahu lebih banyak dari jajanan enak dan menyehatkan berikut ini ya.

Kue Rangi

Kue masa kecil yang satu ini, gurihnya memang tak termakan usia. Terbuat dari tepung sagu, sajian ini kaya akan protein, mineral, dan vitamin A. Tidak hanya sekadar kenyang, tapi bisa menambah tenaga karena berbahan tepung sagu. Kue Rangi paling enak jika campuran kelapa parutnya banyak. Nah, parutan kelapa ini mengandung mineral yang kaya juga lho. Jadi tak cuma enak, jajanan masa kecil ini juga menyehatkan.

Martabak Manis

Jajanan martabak manis kini sudah tampil dengan aneka varian yang menggugah selera. Tidak hanya isi cokelat, stroberi atau keju saja. Aneka topping seperti marshmallow, green tea hingga aneka buah juga ada! Tidak hanya manis dan legit di mulut, jajanan ini juga cukup mengenyangkan untuk camilan. Terbuat dari tepung terigu yang memberikan kandungan energi. Proteinnya juga didapatkan dari telur yang ditambahkan pada adonan. Aneka vitamin juga bisa didapatkan dari aneka topping buah yang menjadi pilihan.

Kue Cubit

Kue mungil yang sedang naik daun ini, kini hadir dengan variasi topping yang bermacam-macam. Meski ukurannya mini, tapi manfaat kesehatan yang bisa didapatkan saat mengonsumsinya cukup besar. Pasalnya, kue ini terbuat dari susu yang kaya akan kalsium. Tambahkan aneka taburan buah-buahan seperti nangka, pisang atau stoberi yang kaya serat dan vitamin.

Siomai Dimsum

Telat makan siang, jajanan yang satu ini bisa bikin kenyang. Tidak asal enak, ternyata siomai juga menyehatkan. Ada berbagai bahan pengolahan yang biasanya tersedia. Mulai dari udang dan ayam, daging sapi, hingga ikan tenggiri. Kandungan protein hingga lemak sehat di dalamnya baik untuk tubuh dan memberikan energi untuk beraktivitas.

Ditambah saus kacang yang lezat, kebutuhan protein dalam tubuh makin terjaga. Sandingkan juga siomai dengan aneka sayur kukus seperti kol, pare, atau kentang, agar nutrisinya makin lengkap.

Rujak Buah

Siang hari yang panas, paling enak makan jajanan yang menyegarkan. Rujak buah bisa jadi pilihan, apalagi kalau kaya serat dan menyehatkan. Jajanan yang satu ini biasanya berisi buah pepaya, nanas, mentimun, bengkuang, mangga muda, jambu air, semangka hingga kedondong.

Deretan buah tersebut kaya akan vitamin C, vitamin A dan juga mineral yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Ditambah dengan sambal kacang tanah yang kaya protein, perpaduan keduanya tak cuma segar, tapi juga sehat.

Aneka sajian di atas bisa jadi referensi jajanan lezat yang menyehatkan. Tidak hanya memanjakan perut dan lidah, tapi ada beragam nutrisi yang bisa didapatkan.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.