5 Resep Sahur Praktis dari Telur

5 Resep Sahur Praktis dari Telur

Telur dapat divariasikan menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Mudah didapat, banyak pula kandungan gizi yang bisa diperoleh dari hidangan telur sebagai menu sahur. Resep sahur berbahan telur berikut dapat menjadi inspirasi untuk sajian keluarga.

Pizza Telur Dadar

Dengan tambahan sosis, pizza berbahan telur dapat tampil menarik seperti menu di restoran. Siapkan dulu bahan-bahannya, yaitu 4 butir telur yang dikocok lepas bersama sedikit garam dan merica bubuk, 2 buah sosis bratwurst diiris melintang setebal 1 cm, 1 buah paprika merah diiris memanjang, dan ½ buah bawang bombai diiris tipis setengah lingkaran. Siapkan juga keju parut secukupnya, jika suka.

Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan datar antilengket di atas api kecil, tuang adonan telur, ratakan. Tata sosis, paprika dan bawang bombai di atasnya. Masak pizza telur dengan api kecil dan wajan ditutup sampai matang. Sajikan pizza telur dadar dengan keju parut.

Orak-Arik Telur

Untuk menu sahur yang praktis, orak-arik telur bisa jadi andalan. Bahannya pun bisa dikombinasikan dengan berbagai sayuran untuk mendapat sajian yang bergizi. Jika memakai sayuran beku, pastikan sudah tidak ada bunga es sebelum diolah. Siapkan 2 butir telur ayam yang dikocok lepas bersama sedikit garam dan merica bubuk. Siapkan juga bakso sapi atau sosis, sayuran, dan bawang bombai secukupnya, lalu potong-potong.

Panaskan sedikit mentega, tumis dulu bawang bombai hingga harum, masukkan sayuran dan bakso atau sosis hingga setengah matang. Tuang telur yang sudah dikocok sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tercampur rata. Aduk orak-arik telur hingga matang dan sajikan selagi hangat.

Martabak Telur Praktis

Ubah sedikit tampilan menu sahur seperti menu camilan martabak agar lebih menarik ketika disajikan. Siapkan kulit martabak siap pakai, daging sapi cincang, daun bawang iris, bawang bombai dan bawang putih yang diiris halus. Siapkan juga 4 butir telur yang dikocok lepas.

Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan datar di atas api sedang. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Tambahkan daging cincang lalu aduk hingga berubah warna. Bumbui dengan sedikit merica dan garam, angkat ketika rasanya sudah pas. Tuang daging tumis ke dalam adonan telur kocok, isikan ke dalam kulit martabak, lipat bentuk amplop. Goreng martabak telur dengan api sedang hingga kuning kecokelatan.

Martabak Telur Mi Instan

Telur dan mi instan selalu menjadi masakan favorit yang mudah dibuat. Kali ini sajikan seperti martabak. Siapkan sebungkus mi instan rasa kari atau soto, 2 butir telur yang dikocok lepas, daun bawang yang diiris tipis, dan kornet secukupnya.

Rebus mi instan sampai cukup matang, tiriskan hingga tidak ada air rebusan tersisa. Campur mi dengan telur kocok, bumbu mi, daun bawang, dan kornet. Aduk hingga rata, lalu tuangkan di wajan datar antilengket. Masak dengan api kecil dan tutup wajan sampai bagian bawah adonan mi sudah matang, kemudian balik dengan hati-hati untuk mematangkan bagian atasnya. Potong sesuai selera untuk disajikan saat sahur.

Frittata Sayuran

Lihatlah isi kulkas, jika ada bayam, buncis, wortel, atau sayuran apapun bisa dimanfaatkan  sebagai isian frittata. Telur yang ingin dimasak. Iris halus aneka sayuran sebelum dimasak. Siapkan juga 2 butir telur yang sudah dikocok lepas. Cara memasaknya mudah, panaskan wajan dan tumis aneka sayuran sampai layu. Tambahkan telur yang sudah dikocok ke dalam wajan sampai ketebalannya merata. Bumbui sesuai selera dengan garam atau merica bubuk.

Masak dengan ditutup di atas api kecil selama 10 menit, lalu matikan api kompor. Biarkan tutupnya wajan tetap tertutup sampai telur benar-benar matang. Angkat dan potong-potong seperti pizza sebelum disajikan.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.