5 Resolusi untuk Hidup Lebih Sehat

5 Resolusi untuk Hidup Lebih Sehat

Tahun baru sudah ada di depan mata. Biasanya setiap orang akan mulai menyusun resolusi yang akan diwujudkan di tahun yang akan datang. Selain karir yang menanjak dan gandengan baru, menjaga kesehatan juga wajib dijadikan resolusi untuk hidup lebih sehat. Mulailah dengan beberapa langkah berikut ini demi tubuh yang lebih sehat dan bugar.

Menjaga Berat Badan Ideal

Ini termasuk resolusi yang paling banyak dibuat, namun tidak sedikit yang menyerah di tengah jalan saat mewujudkannya. Padahal, berat badan yang berlebihan tidak hanya mempengaruhi penampilan, tapi juga dapat memicu penyakit, di antaranya diabetes dan jantung.

Untuk menurunkan berat badan, jaga asupan makanan antara 300-350 kalori. Menu makanan sehari-hari sebaiknya mengandung 40-55 gram karbohidrat tinggi serat, seperti beras merah atau oatmeal. Sedangkan untuk sarapan, isi dengan 20 gram protein, misalnya telur, ayam tanpa lemak yang dikukus, atau salmon panggang.

Konsumsi Makanan Organik

Selain memperhatikan jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh, jenisnya pun wajib diperhatikan. Gaya hidup yang kini kembali ke alam membuat makanan organik kembali dicari. Walau dibanderol dengan harga yang lebih mahal, sayur maupun buah-buahan berlabel organik biasanya tinggi kadar antioksidan dan tidak mengandung bahan kimia atau pengawet, yang dapat memicu alergi atau penyakit lainnya seperti kanker.

Semangat Berolahraga

Selain mengatur pola makan, berolahraga juga wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan dan menjaga bentuk tubuh ideal. Luangkan waktu setiap pagi untuk berjalan, berlari, atau melakukan yoga. Jika sulit menyisihkan waktu untuk berolahraga, sisipkan saja dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya bersepeda untuk pergi ke kantor, squats sambil membersihkan perabotan, hingga memilih menaiki tangga ketimbang naik lift atau elevator.

Cukup Tidur

Ketagihan nonton drama Korea atau mengikuti gosip di grup WhatsApp memang menggoda, tapi akibatnya jam tidur jadi berkurang, dan terbangun dengan kondisi masih lemas, serta mengantuk. Jauhkan remote control dan matikan smartphone, agar tidur lebih lelap dan tak terganggu. Kecukupan tidur tidak hanya memberikan cukup istirahat bagi tubuh, tapi juga mempertahankan konsentrasi dan kreativitas, serta menjaga kulit jauh dari kusam.

Kalahkan Stres

Stres sudah jadi ‘makanan’ sehari-hari dan bisa datang dari mana saja. Mulai dari pekerjaan, hubungan sosial, hingga asmara. Jika dibiarkan, tidak hanya mengganggu suasana hati, tapi juga dapat memicu gangguan kesehatan. Tangani stres dengan melakukan meditasi, menekuni hobi, berlibur, hingga curhat pada orang terdekat.

Jangan hanya antusias di awalnya saja untuk menjalankan resolusi hidup yang lebih sehat. Yuk, selalu jaga kesehatan untuk masa depan yang lebih baik!

http://www.webkesehatan.com/tahun-baru-5-resolusi-kesehatan-terbaik/

http://www.popsugar.com/fitness/What-Eat-Breakfast-Lose-Weight-35829615

http://www.helpguide.org/articles/healthy-eating/organic-foods.htm

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.