5 Trik Agar Si Kecil Suka Sayuran

5 Trik Agar Si Kecil Suka Sayuran

Kebiasaan makan sayuran menjadi hal penting perlu diterapkan sejak dini. Tidak terkecuali untuk si Kecil. Banyak manfaat nutrisi yang penting untuk proses tumbuh kembangnya, akan sangat disayangkan bila sampai tidak termakan olehnya. Memang, hingga saat ini, tidak sedikit anak yang kurang menggemari makanan nabati ini. Alasannya pun cukup beragam. Mulai dari yang rasanya kurang lezat, hingga tekstur sayuran yang aneh membuat mereka kurang begitu menggemarinya.

Namun, Anda tak boleh kehabisan akal. Lewat beberapa trik berikut ini, sajikan olahan sayuran yang lebih menggugah selera makan si Kecil.

Lebih Menarik dengan Warna-Warni

Menyajikan semangkuk brokoli tanpa hiasan apapun tentu kurang begitu menarik. Begitu halnya dengan serutan wortel sebagai salad. Meski sayuran tersebut bergizi, namun tak bisa dipungkiri jika mata tak bisa dibohongi. Buatlah visualisasi yang lebih menarik dengan membuat olahan sayuran kombinasi beragam warna. Misalnya, tumisan wortel yang disajikan dengan campuran buncis, bunga kol, dan kol ungu akan lebih menarik daripada satu warna sayuran saja.

Kembangkan Kreasi Masak

Umumnya, rasa yang biasa menjadi penyebab si Kecil kurang begitu menyukai sayuran. Memang, tak hanya cukup dengan merebus  sayuran dan menambahkannya garam. Anda bisa lebih berkreasi semisal dengan membuat broccoli cheese steamed, balado jamur, kimchi lobak maupun bayam crispy.

Perkuat Rasa dan Aroma

Selain tampilan, aroma yang kuat juga akan membuat selera makan si Kecil lebih meningkat. Tambahkan beragam rempah-rempah alami seperti jintan hitam, bawang bombai, serai, daun salam, kayu manis dan bumbu-bumbuan alami lainnya. Manfaatkan kaldu alami dari ayam maupun daging, agar lebih menguatkan rasa setiap hidangan sayur.

Selipkan Dalam Makanan

Cara lain yang tak kalah efektif agar si Kecil tetap bisa mengonsumsi sayuran secara rutin, tak lain dengan menyelipkan ke dalam makanan. Jika Anda membuat omelet, tambahkan irisan bayam dalam adonan telur. Begitu juga saat membuat risoles atau pastel basah, selipkan potongan wortel, kentang selain tambahan daging maupun telur. Anda juga menyelipkan sayuran ini ke dalam setiap hidangan favoritnya.

Kembangkan Imajinasi

Sekarang ini, banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengakali sayuran agar bisa termakan secara rutin oleh si Kecil. Salah satunya dengan plating art. Anda bisa membentuk beragam pola favorit si Kecil semisal kartun favoritnya dengan memanfaatkan beragam sayuran. Bentuklah semirip dan semenarik mungkin sesuai dengan aslinya. Jangan lupa untuk memperhatikan citarasanya, karena akan percuma bila akhirnya ditolak si Kecil lantaran rasanya terlalu biasa.

Ada banyak alasan kenapa si Kecil kurang begitu suka pada satu makanan, seperti sayuran. Sebagai seorang Bunda, tentu memarahi apalagi memaksa, bukanlah solusi yang tepat. Dengan adanya trik tersebut, Anda bisa mencoba mengedukasi si Kecil agar lebih gemar makan sayur lewat cara yang menyenangkan. Selamat mencoba ya, Bunda. (kpl/it)

Sumber:

http://www.parents.com/kids/nutrition/healthy-eating/get-your-kids-to-eat-better/

http://raisingchildren.net.au/articles/how_to_get_your_child_to_eat_vegetables.html

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.