5 Varian Teh Jepang Selain Matcha

5 Varian Teh Jepang Selain Matcha

Teh hijau memiliki banyak varian rasa dan keharuman masing-masing yang berbeda. Dilansir dari Department of Food Science, The Pennsylvania State University, teh hijau kaya akan kandungan senyawa polifenol, yaitu catechin dan epigallocatechin gallate yang sangat melimpah. Salah satunya matcha, bubuk daun teh hijau terkenal asal Jepang yang sedang digemari di Indonesia. Selain matcha, masih ada lagi jenis teh hijau dari Jepang yang tak kalah enak untuk dicoba.

Sencha

Paling banyak dikonsumsi di Jepang, sencha memiliki aroma segar, unik, dan tekstur yang lembut di lidah. Teh sencha dibuat dari tanaman teh Camellia sinensis yang tumbuh di bawah sinar matahari penuh. Daun teh ini dipetik di musim semi, lalu dikukus demi mempertahankan warna hijau cerah, rasa, dan nutrisinya. Kandungan vitamin C-nya sangat tinggi, cocok untuk dinikmati sehari-hari dengan rasa yang ringan.

Shincha

Saat menikmati teh sencha, seduhan pertama teh ini dinamakan shincha. Jika sencha memiliki rasa yang ringan, teh shincha terasa menyegarkan karena memiliki kandungan tanin yang kuat. Simpan jenis teh ini dalam wadah yang tertutup rapat untuk menjaga kemurnian rasanya karena biasanya hanya bisa ditemui di satu musim saja.

Bancha

Bancha termasuk teh yang dikonsumsi musim panas dan musim gugur di Jepang. Jenis tanaman tehnya lebih membutuhkan sinar matahari penuh agar daunnya dapat membesar mencapai tumbuh maksimalnya. Kualitasnya berada di bawah sencha karena daun tehnya agak kasar.

Hojicha

Teh hojicha adalah turunan dari jenis teh bancha, namun berbeda cara penyajiannya. Sebelum diseduh, daun teh bancha dipanggang di atas arang dengan temperatur tinggi, sehingga memiliki aroma asap yang kaya ketika dicicipi. Warnanya berbeda dari teh hijau lainnya, cenderung berwarna cokelat dari hasil proses pemanggangannya.

Gyokuro

Jika tanaman teh hijau lain membutuhkan sinar matahari, berbeda cara untuk mendapatkan teh gyokuro yang harus ditanam di bawah bayangan selama 20 hari. Teh ini termasuk jenis mahal karena cita rasanya yang berbeda. Sesap dan nikmati rasa gyokuro yang manis, tinggi kafein, dan rendah catechin.

Jenis-jenis teh Jepang selain matcha ini umumnya susah dibedakan dari warnanya, kecuali hojicha. Tapi kalau pernah mencicipi, akan lebih mudah membedakan rasa masing-masing jenis tehnya.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.