Mengenal Macam-Macam Kacang dan Manfaatnya

Mengenal Macam-Macam Kacang dan Manfaatnya

Rasanya yang gurih renyah dan enak, membuat kacang jadi peneman waktu ngemil yang tepat. Kenikmatan itu baru didapat dari satu jenis kacang saja, yaitu kacang tanah, belum yang lainnya. Padahal, ada beragam jenis kacang yang juga memiliki manfaat masing-masing.

Hazelnut

Selain rasanya yang lezat, hazelnut dikenal memiliki kandungan vitamin B9 atau asam folat yang melimpah. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk menghindarkan masalah cacat lahir maupun bahaya kanker. Dalam 100 gram hazelnut terkandung 180 kalori dan 17 gram lemak nabati.

Pistachio

Selain kacang tanah, pistachio merupakan jenis kacang yang paling sering dijadikan camilan sehat. Dalam 100 gram kacang ini menyumbang 170 kalori dan 14 gram lemak nabati.

Kabar baiknya lagi, hasil penelitian dari Virginia Polytechnic Institute dan State University, mengungkapkan bila kandungan LDL, yaitu zat penurun kolesterolnya sangat tinggi, sehingga disarankan untuk rutin dikonsumsi.

Kenari

Dalam film kartun, kacang kenari diidentikkan sebagai makanan favorit tupai. Tapi, di dunia nyata, kenari adalah jenis kacang yang baik dikonsumsi oleh manusia.

Dan, memang benar, selain rasanya yang enak, juga kaya asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Per 100 gram kacang ini mengandung 190 kalori dan 18 gram lemak nabati. 

Almond

Ini dia jenis kacang yang cukup kondang di kalangan pegiat gaya hidup sehat. Almond juga banyak dimanfaatkan dalam dunia kuliner. Setiap 100 gram almond mengandung 160 kalori dan 1 gram lemak nabati.

Menurut ahli nutrisi di Loma Linda University, Joan Sabate Ph.D, almond mengandung lemak tak jenuh yang menyehatkan bagi tubuh. Bukan itu saja, kacang ini juga kaya protein, serat, kalsium, zat besi, serta vitamin E yang berperan aktif untuk menjaga imunitas tubuh.

Supaya konsumsinya tidak berlebihan, batasi konsumsi kacang-kacangan tersebut tak boleh lebih dari per 100 gram saja dalam sekali makan. Dengan begitu, manfaat yang diperoleh tubuh menjadi lebih maksimal.

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.