Menjaga Nutrisi Saat Merebus Makanan

Menjaga Nutrisi Saat Merebus Makanan

Setiap makanan memiliki kandungan nutrisi berbeda yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ada dua cara menikmatinya, yakni mentah dan dimasak terlebih dahulu. Sayangnya, cara pengolahan makanan yang kurang tepat dapat merusak kandungan nutrisinya. Jaga nutrisi makanan yang Anda asup dengan memperhatikan beberapa langkah berikut ini.

Perhatikan Waktu Pemasakan
Waktu adalah faktor yang terpenting untuk memperlambat proses penguraian gizi atau nutrisi. Hilangnya vitamin ditandai dengan memudarnya warna pada makanan tersebut. Semisal saat memasak bayam atau sayuran daun lainnya, cukup rebuslah 5 sampai 7 menit saja. Berbeda dengan brokoli dan wortel yang memiliki tekstur lebih keras. Jenis sayuran ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama, yakni 7 hingga 10 menit. Bagaimana dengan daging? Merebus daging dalam potongan lebih kecil akan membantunya cepat empuk. Gunakan api sedang saja, meskipun waktu pemasakan lebih lama.

Pilihlah bahan terbaik
Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, pilihlah bahan-bahan yang segar. Sebisa mungkin kurangi mengonsumsi sayuran atau buah dalam kaleng. Begitupula dengan daging, ada baiknya dipilih yang memiliki kadar lemak yang paling rendah.

Cara memasak yang tepat
Beberapa nutrisi bersifat dapat larut dalam air. Artinya, semakin lama makanan tersebut terendam dalam air, maka vitamin yang dikandungnya semakin banyak terurai bersama air. Gunakan air sedikit mungkin jika memang ingin merebusnya. Untuk mengolah daging, gunakan panci tekan untuk mengurangi hilangnya gizi dengan mempercepat proses pemasakan. Jangan buang air rebusan tersebut, karena ada nutrisi yang meresap dalam air. Gunakan sebagai kuah sup atau olahan yang lainnya.

Dengan cara memasak yang tepat, tidak hanya akan menjaga kandungan nutrisinya Anda pun bisa menikmati makanan-makanan tersebut dengan rasa dan tekstur yang baik. Jangan lupa untuk selalu mencuci bahan makanan terlebih dahulu, agar pestisida dan kotoran yang menempel hilang.

 

Sumber:

http://recipes.howstuffworks.com/tools-and-techniques/how-to-cook-vegetables24.htm

http://www.livestrong.com/article/501816-how-to-boil-beef-to-make-it-tender/

http://www.fitday.com/fitness-articles/nutrition/vitamins-minerals/how-to-keep-vital-nutrients-in-food-when-cooking.html

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.