Tips Memilih Jajanan Sehat untuk Si Kecil

Tips Memilih Jajanan Sehat untuk Si Kecil

Memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil sangat penting untuk pertumbuhannya.  Selain menu makanan sehari-hari yang harus diperhatikan, memilih jajanan sehat pun harus cermat. Makanan yang mengandung lemak, kadar garam atau gula yang tinggi tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuhnya. Saatnya memilih jajanan sehat untuk buah hati dengan tips yang dilansir dari Mayo Clinic berikut ini.

Jangan Menyimpan Junk Food di Rumah

Jika ingin memperkenalkan jajanan sehat buat anak, sebaiknya kurangi stok junk food di rumah. Hindari juga mengonsumsi makanan tersebut karena rentan ditiru oleh anak. Ajarkan si kecil untuk mengonsumsi jajanan sehat dengan contoh yang diperlihatkan setiap hari.

Tawarkan Pilihan Menu yang Beragam

Buah-buahan memang baik untuk kesehatan buah hati. Tapi, kalau hanya mengonsumsi buah saja, si kecil bisa cepat bosan. Cobalah melakukan mix and match jajanan untuk menarik perhatiannya. Misalnya, saat mengonsumsi buah, tambahkan yoghurt favoritnya. Pilihan lain, buat smoothie kesukaannya, campur dengan aneka buah favoritnya.

Siapkan Stok Gandum Utuh di Rumah

Gandum utuh sangat baik untuk pertumbuhan anak. Sediakan roti gandum atau sereal bergizi yang baik untuk dinikmati sebagai camilan. Makanan yang mengandung gandum utuh memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah meningkatkan energi agar si kecil bisa terus bermain dengan ceria.

Kreasikan Menu Sarapan Menjadi Camilan

Menu sarapan juga bisa menjadi jajanan sehat yang bisa dinikmati si kecil. Tapi, tentu saja harus mengkreasikan menu tersebut jadi hidangan yang menarik perhatian buah hati. Caranya, masukkan buah-buahan kering ke dalam mangkuk sereal yang disajikan. Ajak buah hati menikmati hidangan ini saat sore hari.

Selalu Cek Label Makanan Secara Detail

Jika ada snack yang dijual dengan label rendah lemak atau rendah kalori, jangan mudah tertipu. Cek selalu label makanan secara detail untuk mendapatkan informasi gizi yang sebenarnya. Jangan mudah tergiur dengan klaim makanan sehat sebelum benar-benar memeriksa label makanan yang ada.

Snack sehat memang sangat penting untuk pertumbuhan anak yang maksimal. Jadi, apakah cara memilih jajanan untuk buah hati sudah benar? Segera terapkan tips di atas, yuk!

Masak Apa Ya?

Halo, Masak Lovers! Masak apa ya hari ini? Agar tidak bingung pilih menu untuk suami atau si kecil, temukan resep masakannya di sini dan berikan kejutan lezat di setiap harinya.